Cerita Kegagalan Usaha Menuju Sukses - agan rohman18

Berikut cerita kegagalan agan rohman18 yang dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua.

Ane mau cerita tentang usaha yg ane jalanin sekarang gan. Ane seorang mahasiswa, dan ane sudah menikah gan

Ane sekarang lagi usaha rental ps3 gan. Masalahnya banyak bgt gan. Mulai dari pegawai, konsol ps, stik, instalasi listrik, kontrakan, dll gan. Ane sebelumnya tau klo usaha ini ga akan semulus perkiraan gan.

Lokasi ane termasuk strategis gan, ane berlokasi di sekitar kampus UIN dan kos2an mahasiswa. Tapi yg namanya usaha pasti ada aja masalahnya gan.

Awal buka usaha, ane mengerjakan 2 pegawai dari luar daerah gan. Krn ane ga bisa jagain rental krn ane sudah menikah dan ane masih jadi mahasiswa aktif gan. Masalah ane berawal dari listrik ane yg mati2 gan. Udh ngerjain 3 tukang listrik berbeda, masih aja mati2. Sampe 3 orang yg sering ane panggil nyerah gan. Udah ane naikin daya. Masih juga mati2. Ane jujur udh ngerasa down duluan gan. Karena ane baru terjun ke bisnis langsung dan modal awal ane sudah sangat besar gan. Sekitar 50jtan. Jadi ane ga mau nyerah gitu aja gan. Akhirnya ane bikin instalasi baru lagi gan. Dan itu butuh biaya lagi.

Masalah terus bertambah, dari stik yg rusak yg mana tiap hari terus bertambah. Sampe konsol ane yg kena ylod krn penggunaan yg berlebihan. Dan itu sangat menguras dompet lagi gan.

Masalah yg lebih datang lagi dari pegawai ane gan. Yg kerjanya udh ga karuan sehingga rental ane juga berantakan. Sehingga ane harus mengeluarkan pegawai2 ane. Ane ga patah semangat dengan masalah ini. Ane langsung aktif cari pegawai baru. Dan ane dapat gan. Tapi berjalan 2 minggu pegawai ane mulai sakit2an gan. Sehingga harus masuk rumah sakit. Tentu saja segala yg terjadi pada pegawai ane adalah tanggung jawab ane gan. Dan akhirnya dokter harus berkata bahwa pegawai ane tidak boleh bekerja lagi di rental ane krn masalah paru2nya gan. Akhirnya ane cari lagi dan ane mendapatkan lagi dari luar daerah.

Masalah datang bertubi2 gan. Ane sampe sekarang belum merasakan profit yg sudah ane bayangkan sebelum membuka usaha ini. Ane udh buka usaha ini selama 6 bulan gan. Klo diitung pendapatan bersih unt ane sih sekitar 2-3 jtan gan. Dan itu ane rasa blm cukup unt menafkahi bini ane dan ane sendiri gan. Tapi ane harus terus survive krn usaha ini bukan cuma untuk menghidupkan keluarga ane aja gan, tapi juga unt pegawai2 ane gan.
Previous
Next Post »