Cerita Kegagalan Usaha Menuju Sukses - agan H4Rauto28

Berikut cerita kegagalan agan H4Rauto28 yang dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua.

Kegagalan dan pengalaman ane selama usaha
1. Tahun 2006 bulan Juli, taun pertama ane jadi mahasiswa kuliah di maranatha, ane asli orang bandung tapi ane kos di sktr maranatha. Karena ane dikasih uang jajan yg bener2 mepet, ane mulai cari modal dengan ngejual hp ane. Ane inget bgt dulu ane beli hp nokia 9500 seharga Rp. 6jt dijual ke BEC seharga 1.5jt itupun harus benerin kabel flexinya dulu seharga 600rb, jadi modal ane bersih cuma Rp, 900rb. Dari modal 900rb tersebut ane mulai jual-beli hp bekas lewat iklan koran,Waktu itu ane belom mengenal kaskus gan



2. Tahun 2007, Bisnis jual beli hp bekas lumayan berjalan, cuma suatu saat ane pernah kena tipu dapet hp siluman Replika ane beli dengan harga normal, karena waktu itu ane ga bisa bedain dus semua 100% mirip, imei jg ada. Tuh Hp dijual setengah mati ane ampe ngider bareng ma cewe ane ke counter2 HP sebandung, mulai dari BEC, Be Mall, ampe counter2 di jalanan. Alhasil tu duit mati di barang, kerugian ane Rp. 4.5jt

3. Tahun 2008-2009, Ane mulai mengenal kaskus, Jual-Beli hp Bekas ane makin lancar gan, untung tipis tapi cepet laku.

Usaha ane mulai merambah ke jual gadget GPS dan laptop bekas, waktu itu GPS masih langka gan, didominasi sama Garmin yg harganya mahal bgt Ane jual jauh lebih murah dengan spek yg lebih tinggi, di sini usaha GPS ane laris kebetulan ada temen ane yg ikut Diving butuh GPS langsung deh diborong sama temen2 nya, ane juga jadi distributor GPS ke toko variasi mobil di Tegal.

4. Tahun 2009-2010, Sayangnya keberhasilan ane jualan GPS ga bertahan lama gan, karena ga lama setelah ane jualan banyak saingan dengan harga yg jauh lebih murah. Untungnya stok GPS ane dah laku semua.

5. Tahun 2010 Awal, Dari hasil profit GPS ane mulai ganti usaha. Ane mulai coba usaha jual-beli mobil bekas, karena duit ane pas2 an, ane cuma bisa beli mobil tua, ane keluarin seluruh tabungan ane buat beli tu mobil.
Di tahun ini ane juga dah lulus kuliah, jadi ane jualan mobil bekas sambil mulai kerja di PT. DJ***M salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Ane kerja di divisi IT, soalnya ane lulusan IT.
Di pertengahan tahun 2010 ane mulai invest property, jadi 80% penghasilan ane dipake buat bayar cicilan.

6. Tahun 2011 ane resign dari kerjaan ane (ane cuma kerja 6 bulan), alasan ane resign karena ane lanjut studi S2 dan mulai nambah usaha baru di bidang kuliner. Ane jualan makanan Jepang, pertama kali ane buka di foodcourt sekitar univ. Maranatha ala pedagang kaki lima, dalam waktu 6 bulan ane buka 6 cabang (3 cabang di sekitar univ maranatha, 1 di mall BTC, 1 di mall BEC, 1 di mall fesvtival citylink).
Karena kurangnya pengalaman ane di bidang kuliner dan kurangnya tenaga kerja (banyak karyawan keluar masuk), alhasil cabang2 resto ane banyak yg tutup cuma di BEC aja yg bertahan, nama resto ane Hayashi Teppan kalo agan2 ke BEC mampir yah gan.hehe..Total kerugian ane sekitar Rp. 40jt

7. Tahun 2012 ane mulai bisnis property jual-beli apartment (Bayarnya nyicil semua gan, Cash Bertahap)

Di pertengahan tahun 2012 ane join sama temen kuliah ane mendirikan Perusahaan yg bergerak di bidang IT. Keliatannya keren ya gan???Sayangnya nih PT cuma tahan 3 bulan karena masalah intern, alhasil ni PT tenggelam kyk kapal Titanic. Kerugian ane sekitar 40jt (sewa ruko, inventaris dan furnitur untuk perlengkapan kantor, dekor interior, pendirian PT) belom ditambah rugi waktu, tenaga dan pikiran.

8. Akhir Tahun 2012, ane diajakin buat jalanin MLM, ane dah coba jalanin sama ikutin seminar tapi akhirnya buntu gan. Kerugian ane sih bisa di bilang seri gan, paling rugi waktu, tenaga sama biaya transport

9. Awal Tahun 2013 Ane kimpoi ma Bini ane, jadi nih bini ane dah kenal ane dari jaman ane susah, dari jaman ane ngider2 jualan hp bekas, jaman ane makan nasi cuma sama usus goreng dan kol goreng (sampe sekarang tuh tukang ayam goreng masih inget sama ane, tiap ane beli dikasih bonus usus goreng sama kol goreng).

Ga lama setelah ane kimpoi, ane kena tipu sama tetangga ane, nawarin deposito tapi duitnya malah dimasukin ke investasi emas bodong, dan sialnya ane cuma pegang kertas doank. Tadinya ane niat nolong, karena dia ngotot nawarin deposito terus ke rumah ane selama 3 bulan, karena ane kasian dan percaya (namanya juga tetangga, kalo ada apa2 tinggal ke rumahnya) ya udah deh akhirnya ane coba depo selama 6 bulan aja, taunya cuma 2 bulan duit ane raib.
Emang brengsek sih tuh tetangga ane, awal2nya aja janji manis udah dapet duit ane kabur begitu saja.
Kalo diinget2 emang sakit kepala tuh gan, bayangin aja ente baru bahagia abis merit besok lusanya ente ditipu tetangga sendiri, cuma yah ane percaya aja TUHAN tuh MAHA ADIL yang nipu ga akan kaya, yang ditipu ga akan jatuh miskin
Total kerugian ane (Ga usah disebut bikin stress)

10. Pertengahan tahun 2013, ane mulai nambah kerjaan jadi agen asuransi. Sampe sekarang dah ampir setaun ane jadi agen asuransi tapi tetep aja ga berkembang gan, kayaknya emang ane ga bakat di bidang MLM

11. Tahun 2014, Dari hasil profit usaha mobkas dan property ane mulai beli lahan di jalan raya, saat ini masih dalam proses pembangunan. Rencananya ane mau nambah bisnis baru di bidang Furniture.
Mohon Doa dan dukungannya dari agan2 semoga usaha baru ane bisa membawa berkat.

Sekian lika liku hidup ane, mungkin ada sebagian temen2 sekolah,temen2 kuliah, temen2 kerja ane bayank yg bilang hidup ane tuh enak. Itu karena mereka liat dari endingnya aja, ga tau kalo prosesnya dah bikin otak ane ampir miring sesetrip karena ane nanggung beban yg ga sesuai ma umur ane (Sekarang ane umur 26), untung ada bini dan keluarga ane yg selalu support dan bikin ane jadi waras lagi.

Inti dari pengalaman ane:
1. Kepercayaan modal utama agan sebagai Pengusaha
2. Jangan pernah menyerah gan, gagal itu bukan berarti game over, agan baru game over ketika agan udah menyerah. Selama agan masih bernafas terus berjuang
3. Jangan pernah takut untuk mencoba hal baru dan takut untuk gagal, Thomas Alfa Edison aja gagal 10.000 kali
Orang sukses pasti banyak mencoba hal baru dan banyak gagalnya
Previous
Next Post »